Monday, November 12, 2007

susah ngomong tulis di blog aja....

Banyak sekali kegunaan memiliki blog diantaranya bisa sebagai sarana melatih keterampilan menulis, berbagi informasi, berbagi ilmu, mempererat tali silaturahmi ataupun sebagai alternatif kita berkomunikasi.

point terakhir inilah yang sering saya lakukan, karena terkadang bahkan sering kali komunikasi verbal tidak berujung pada pemecahan yang bisa langsung diterima mengingat waktu yang tidak mencukupi. Jadi, setelah komunikasi verbal dilakukan biasanya saya menulis lebih lanjut tentang latar belakang dan maksud-maksudnya agar pihak lain dapat melihat hal tersebut dari sudut pandang saya.

Tidak hanya penjelasan bahkan pengakuan pun bisa dilakukan lewat blog, tidak semua orang bisa berhati besar, buat sebagian orang mungkin masih dalam tahap belajar untuk bisa berhati besar, nah melalui tulisan di blog kita bisa mengakui kelebihan dan kebenaran pandangan orang lain.

Tidak semua orang memiliki kepiawaian dalam komunikasi verbal, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tidak ada salahnya kita gunakan media yang ada untuk menambal (bukan menutupi) kekurangan yang ada.

Saya dan istri (sampai saat ini) masih sering menghadapi kesulitan dalam hal komunikasi verbal, jadi saya sering menulis yang menyangkut apa keinginan suami, apa kesulitan yang dihadapi suami, apa yang dirasakan suami dan sebagainya, tidak ada maksud memerintah agar istri menuruti tetapi lebih kepada agar istri bisa melihat dari sudut pandang suami. Begitu pun sebaliknya saya sering membaca tulisan-tulisan di blog istri demi untuk mencoba melihat dari sudut pandang istri. Bukankah empathy dibutuhkan dalam keharmonisan suatu hubungan??